Rabu, 09 November 2016

HATI-HATI! Jangan Sembarangan Nge PING!!! di BBM! Ternyata Ini Arti dan Fungsi PING!!! yang Sebenarnya..

Indonesia termasuk salah satu negara yang penduduknya menggunakan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) paling banyak di dunia.

BBM

Bagi yang sering menggunakan aplikasi BBM pasti familiar dengan istilah PING!!!
Umumnya kita menggunakan fitur PING!!! agar chat kita cepat dibalas atau untuk iseng mengganggu teman.

Namun ternyata fungsi PING!!! ini tak sekadar itu lho..

Sebelum membahas lebih lanjut, istilah Ping merujuk laman Wikipedia, Rabu (9/11) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya.

Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.

Awal mulanya, Mike Muuss menulis program ini pada bulan Desember 1983, sebagai sarana untuk mencari sumber masalah dalam jaringan.

Jadi menurut berbagai sumber, fungsi utama PING!!! pada BBM adalah untuk mengetahui apakah jaringan milik BlackBerry berfungsi atau tidak.

PING!!! pada BBM tidak lain dibuat sebagai tes untuk jaringan server BlackBerry agar dapat reaktif saat berada dalam jaringan.

Fungsi lainnya adalah untuk mengecek lalu lintas data pada BBM apakah lambat atau normal.

PING!!! dalam BBM juga bisa diartikan sebagai program untuk melihat apakah antara satu pengguna dengan pengguna lain terhubung dengan baik.

Terakhir PING!!! pada BBM juga bisa digunakan sebagai alat pengukur sinyal provider seluler.

Secara garis besar bisa juga dikatakan PING!!! pada BBM ini identik dengan fitur Buzz! di Yahoo Messenger, di mana biasanya digunakan untuk memulai percakapan dengan teman.
Namun belakangan ini, fitur PING!!! biasa difungsikan agar chat cepat dibalas atau meminta respons dalam keadaan urgen.

Menggunakan PING!!! pun ada aturannya, di mana kita sebenarnya dapat dan diperbolehkan mengirim sinyal PING di BBM sebanyak sehari dua kali atau 7 hari hanya untuk mengecek seluruh kontak di BBM.

sumber: solo.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar